How to Buy a New Computer: 11 Steps (with Pictures) - wikiHow

Selamat! Anda punya komputer baru!

Tentu saja, Anda ingin langsung terjun dan mulai menggunakannya sekarang , tetapi jika Anda dapat menahan sedikit, ada beberapa tugas yang harus dilakukan terlebih dahulu. Langkah-langkah yang Anda ambil sekarang dapat menghemat banyak waktu dan kesedihan Anda nantinya. (Artinya ketika semuanya rusak dan mesin mati, perangkat lunak macet, atau Anda mendapatkan infeksi malware besar-besaran .)

Setiap hari, orang kehilangan data, kenangan berharga, dan waktu berharga karena mereka tidak mengambil beberapa langkah sederhana untuk mempersiapkannya.

Dan sejauh ini waktu terbaik untuk bersiap adalah di awal.

Komputer Baru Anda

  1. Putuskan sambungan dari internet
  2. Buat gambar sistem
  3. Buat drive pemulihan
  4. Siapkan pencadangan otomatis
  5. Periksa firewall dan sambungkan kembali
  6. Instal perangkat lunak keamanan
  7. Perbarui sepenuhnya
  8. Kembali lagi

1. Putuskan koneksi komputer baru itu dari internet

Saya tahu Anda sudah terhubung; Anda tidak bisa menahan diri, saya yakin.

Saya juga demikian.  Anda mungkin perlu tetap online untuk menyelesaikan penyiapan awal komputer terbaru  Anda menggunakan akun Microsoft Anda, tetapi hingga kami memastikan beberapa item, mari kita keluar sejenak jika Anda bisa.

2. Buat cadangan gambar sistem

Dengan menggunakan Macrium Reflect, EaseUS Todo (edisi gratis keduanya bisa digunakan), atau alat serupa , buat cadangan gambar lengkap – terkadang disebut pencadangan sistem lengkap – dari seluruh  mesin Anda. Pastikan alat pencadangan Anda mendukung apa yang disebut pemulihan ” logam kosong “: kemampuan untuk memulihkan ke mesin yang memiliki hard drive yang benar-benar kosong – ini akan ada dalam daftar fitur program.

Langkah ini sangat penting jika mesin Anda tidak dilengkapi dengan media instalasi, karena ini berfungsi sebagai salah satu alternatif.

Bahkan jika Anda mendapatkan media instalasi, gambar cadangan yang diambil sekarang bisa lebih nyaman jika Anda perlu mengatur ulang komputer ke keadaan semula pada hari Anda mendapatkannya.

Alasannya di sini sederhana: cadangan ini adalah gambar mesin Anda saat Anda mendapatkannya . Ini benar-benar reset ke pengaturan pabrik. Jika Anda perlu memulai kembali dan memformat ulang / menginstal ulang mesin, cadangan gambar ini dapat dipulihkan. Ini akan mengembalikannya ke kondisi persis seperti saat ini dalam satu langkah. Anda bahkan tidak perlu tahu cara melakukannya hari ini – yang terpenting adalah Anda membuat cadangan gambar dan menyimpannya, sekarang.

3. Buat drive Pemulihan Sistem

Sebuah drive pemulihan adalah USB flash drive yang dibuat oleh Windows dari mana Anda boot komputer Anda untuk melakukan sejumlah tugas pemulihan Windows, termasuk menginstal ulang Windows dari awal. Barang terakhir itu artinya bisa menjadi pengganti media instalasi Anda jika Anda tidak mendapatkannya.

Cara Membuat Drive Pemulihan Windows 10 mengikuti prosesnya. Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang ingin Anda lakukan segera setelah mendapatkan mesin baru Anda, karena itu akan mencerminkan versi Windows yang diinstal pada mesin Anda pada hari itu tiba.

Opsi lainnya adalah mengunduh media Pengaturan Windows 10 dan menyimpannya (atau mengunduhnya di masa mendatang saat Anda membutuhkannya). Masalahnya di sini adalah bahwa gambar ini akan umum, dan mungkin tidak menyertakan semua yang akan dibuat oleh drive pemulihan dengan mesin Anda sendiri.

4. Siapkan pencadangan rutin

Saat Anda mengeluarkan perangkat lunak cadangan, luangkan waktu untuk menjadwalkan pencadangan otomatis reguler.

Persis seperti apa tampilannya tergantung pada kebutuhan Anda dan bagaimana Anda menggunakan komputer Anda, tetapi secara umum, mencadangkan mesin Anda setiap hari ke hard drive eksternal adalah praktik yang baik.

5. Periksa firewall dan sambungkan ke internet

Dengan cadangan Anda siap jika terjadi kesalahan, sudah hampir waktunya untuk terhubung. Pertama, Anda ingin memeriksa ulang untuk memastikan firewall diaktifkan.

Dalam kebanyakan kasus, jika Anda menghubungkan melalui router , Anda sudah selesai. Router itu bertindak sebagai firewall yang sangat memadai dan melindungi Anda dari hal-hal acak yang menyerang mesin Anda saat Anda terhubung ke internet.

Jika Anda tidak memiliki router (yang sangat jarang saat ini), cukup pastikan Windows Firewall telah diaktifkan. Seharusnya sudah, tetapi perlu diperiksa.

Setelah Anda mengkonfirmasi semacam firewall, hubungkan.

6. Instal perangkat lunak keamanan

Windows 10 hadir dengan perangkat lunak keamanan yang telah diinstal dan diaktifkan sebelumnya: Windows Defender. Jika Anda membiarkannya diaktifkan, Anda juga sudah selesai di sini.

Di sisi lain, terkadang Anda akan menemukan solusi lain yang sudah diinstal sebelumnya oleh pabrikan Anda, atau Anda mungkin ingin menghindari Windows Defender karena alasan tertentu.

Pastikan perangkat lunak prainstal dikonfigurasi dan diaktifkan dengan benar, atau unduh alternatif yang Anda pilih dan atur sebagai gantinya. Pastikan untuk mencopot pemasangan alat keamanan yang Anda ganti (kecuali untuk Windows Defender, yang akan menyingkir begitu saja ketika ada sesuatu yang menggantikannya).

Rekomendasi saya , bagaimanapun, adalah bahwa Windows Defender baik-baik saja. Dengan mengaktifkannya sejak awal, Anda benar-benar tidak perlu melakukan apa pun.

7. Perbarui, perbarui, perbarui

Luangkan waktu sekarang untuk memperbarui Windows, khususnya, dan semua aplikasi dan perangkat lunak lain yang diinstal pada mesin Anda.

Pastikan pembaruan otomatis untuk Windows diaktifkan. Jika “Pembaruan Microsoft” ditawarkan, aktifkan untuk menerima pembaruan untuk semua aplikasi Microsoft yang diinstal pada mesin Anda, serta sistem operasi. Periksa pembaruan berulang kali hingga tidak ada lagi pembaruan yang tersedia.

Dengan terus memperbarui perangkat lunak Anda, mesin Anda akan tetap aman dari malware yang mengeksploitasi bug dalam perangkat lunak di komputer Anda, yang dikenal sebagai ” kerentanan yang belum ditambal “. Pembaruan secara teratur dikeluarkan untuk memperbaiki bug tersebut.

8. Buat cadangan lagi

Setelah mesin Anda benar-benar mutakhir, ambil cadangan gambar lainnya.

Sementara cadangan gambar yang diambil pada langkah 3 adalah mungkin yang paling penting, itu ini cadangan yang akan menjadi yang paling nyaman. Mengapa? Karena jika Anda perlu menggunakannya, Anda telah melakukan langkah 4, 5, dan 6, dan akan memulai langkah 7. Anda tidak perlu memperbarui hampir sebanyak jika Anda memulai dengan mesin kembali ke pengaturan pabrik.

Ada argumen bahwa Anda tidak membutuhkan keduanya, tetapi saya lebih suka berhati-hati. Ini adalah cadangan yang paling mungkin Anda gunakan, sedangkan cadangan dari langkah 3 adalah jaring pengaman tambahan.

Selamat menikmati!

Tentu saja selalu ada lebih banyak, tetapi ini adalah awal yang baik untuk perlindungan dasar. Langkah-langkah ini akan membantu melindungi investasi Anda, data Anda, waktu Anda, dan ketenangan pikiran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *